All for Jesus Christ

All for Jesus Christ

Senin, 09 April 2012

Kura-Kura vs Kelinci

Saat aku kanak-kanak... Sangat sering mendengar Papa mendongeng...
Biasanya itu dilakukan setelah makan siang agar aku dapat tidur dan beristirahat di siang hari....

Salah satu kisah yang paling sering diceritakan Papa adalah..... 
"Lomba Lari Kura-kura vs Kelinci".
Hahaha... walau sudah puluhan kali mendengarnya, aku tetap saja menyukai kisah itu... Mungkin karena kalimat-kalimat Papa disampaikan dengan intonasi yang sangat menarik...

Dan inilah kisah yang aku ceritakan kembali dengan bahasaku sendiri...


Dahulu kala... Di sebuah hutan... Hiduplah seekor kelinci. Bulunya berwarna putih dan gerakannya sangat lincah... Ia dapat berlari kencang hingga tak satupun binatang yang dapat mengejarnya. 
     
Pada suatu hari... sang Kelinci bertemu dengan seekor Kura-kura. Melihat gerakan Kura-kura yang lambat, Kelinci tertawa mengejek, "Hahaha.... Kura-kura, jalanmu lambat sekali... Apa tidak bisa lebih cepat lagi ?"


Kura-kura menghentikan langkahnya dan menatap si Kelinci sambil berkata, "Ah, Kelinci... Kamu jangan meremehkan aku dong... Mentang-mentang larimu cepat..." Sementara itu Kelinci membusungkan dadanya sambil berkata, "Siapa dulu dong... Kelinci... Emang ada hewan yang bisa mengalahkan kecepatanku ?" Ia sangat bangga dengan kemahirannya berlari cepat.


"Ah...., kamu jangan sombong dulu... Di atas langit masih ada langit lho...," kata Kura-kura menasehati.
"Bah..., nasehat basi... Siapa sih lo ? Pake ngajarin gue lagi...," balas si Kelinci, "Kalo ada yang berani lawan aku berlomba lari, panggil aja deh... Palingan kalah juga..."
"Baiklah, biar aku saja yang bertanding denganmu," kata Kura-kura.
"Hah? Kamu? Hahahaha... Pikir dong... Mana bisa kamu ngalahin aku... Jalan aja lambat... Gimana mau lari?" kembali Kelinci tertawa mengejek... Tapi Kura-kura tetap serius ingin berlomba. 


Akhirnya, mereka pun sepakat untuk memulai lomba lari itu. Banyak binatang lain yang turut menyaksikan lomba itu. Mereka sangat penasaran dengan keberanian Kura-kura menantang si Kelinci. Entah apa yang akan terjadi... Kalo si Kelinci menang, tentu ia akan semakin sombong... Tapi bagaimana mungkin Kura-kura yang lambat itu bisa menang ? Ah, rasanya gak mungkin...

Sementara itu..., saat yang mendebarkan di garis start... Aba-aba pun diberikan untuk bersiap-siap...  "Satu... Dua... Tiga... Lariiiiii........"

Waaaaah.... Kelinci larinya cepat sekali.... Hanya sekian detik Kura-kura sudah tertinggal jauh di belakang...  Si Kelinci menoleh sekilas sambil tersenyum melihat Kura-kura yang berjalan pelan... Langkah demi langkah... Tentu saja gak bakalan bisa mendahului Kelinci... Akhirnya, si Kelinci memutuskan untuk beristirahat sejenak di bawah pohon yang rindang karena pikirnya Kura-kura tidak akan pernah bisa mencapai garis finish dengan langkahnya yang lambat itu. "Sampai besokpun gak bakalan sampai deh," katanya. Ia pun duduk di bawah pohon itu menikmati sejuknya angin sepoi-sepoi yang bertiup menerpa tubuhnya. Seketika itu juga ia mulai mengantuk dan akhirnya tertidur pulas. ZzzzzZzzzZzz.....

Sementara itu, Kura-kura terus berusaha dengan penuh semangat untuk mencapai garis finish. Tanpa terasa... ia telah melewati Kelinci yang sedang tidur di bawah pohon. Ia semakin bersemangat dan terus berusaha sekalipun langkahnya masih tergolong sangat lambat. Namun ia tidak putus asa. Terus melangkah dan melangkah lagi... Hingga akhirnya... Tinggal beberapa langkah lagi... Ia akan mencapai garis finish... 

Binatang-binatang hutan lainnya mulai bersorak untuk memberi semangat kepada Kura-kura itu. Dan suara-suara mereka itu telah membangunkan Kelinci dari tidur nyenyaknya. "Ups..," alangkah kagetnya Kelinci melihat Kura-kura sudah hampir mencapai garis finish. Secepat kilat ia mengejarnya... Namun sayang... semuanya sudah terlambat... Kura-kura berhasil tiba di garis finish terlebih dahulu dan dialah pemenangnya. Alangkah malunya si Kelinci... Ia sungguh tidak menyangka bahwa hari ini dia harus dikalahkan oleh seekor Kura-kura. Bukankah ia pelari cepat yang tak terkalahkan ? Bagaimana mungkin seekor Kura-kura mengalahkan seekor Kelinci dalam hal berlari ? Oooooh, ini tidak mungkin... Tapi inilah kenyataannya.



Semua warga hutan bersorak gembira dengan kemenangan si Kura-kura. Tetapi apa yang dikatakan Kura-kura ? "Sudahlah... Cukup sorak-sorainya... Sesungguhnya Kelinci tetap pelari tercepat... Bukan aku... Namun hari ini, ia telah dikalahkan oleh kesombongannya sendiri... Jadi bukan aku yang mengalahkannya," kata Kura-kura bijak. Sementara Kelinci tertunduk malu tanpa dapat berkata apa-apa.


"Nah, Kelinci, pelajaran apa yang kamu dapat hari ini ?" tanya Kura-kura.
"Maafkan, aku, teman-teman... Selama ini aku selalu berkata sombong karena merasa diriku paling hebat berlari... Hari ini aku telah belajar tentang kerendahan hati. Sesungguhnya kesombongan itu adalah awal dari kejatuhan," kata Kelinci yang akhirnya menyadari akan kesalahannya. -- The End --


Pesan Moral :

  • Jangan sombong ketika sedang berhasil dan berada di puncak. Tidak ada tahta dan harta yang abadi. Hidup bagai perputaran roda pedati... Kadang di atas, kadang di bawah... Sikap kitalah yang menunjukkan siapa diri kita, bukan keadaan kita.
  • Jangan putus asa jika memiliki kekurangan, tapi berjuanglah terus hingga berhasil mengatasi kekuranganmu itu. Tuhan pasti menolong orang yang mau berusaha dengan niat yang tulus dan benar di hadapanNya.
Kisah yang sarat dengan pesan moral ini aku ceritakan kembali... untuk mengenang almarhum Papa yang telah 2 tahun meninggalkan kami semua... Bersyukur karena semasa hidupnya Papa sudah menerima Tuhan Yesus dan kami percaya saat ini beliau sudah berada di surga...

Dan puisi ini kutulis sehari setelah Papa meninggal dunia... 

Jalan kehidupan yang panjang...
Tak selamanya bertaburan bunga kebahagiaan...
Terkadang kabut dan awan tebal menutupi sinar mentari...
Rinai hujan pun tepiskan sepi.......
Namun Tuhan selalu setia....
Mewarnai langit dengan pelangi....
Memberi sejahtera di hati....
Hingga mampu tetap melangkah pasti...
Menapaki esok hari...

1 komentar: