All for Jesus Christ

All for Jesus Christ

Jumat, 02 Desember 2011

Apa itu Alkitab ?

Apa itu Alkitab ? Alkitab adalah Kitab Suci orang Kristen. Kita percaya bahwa Alkitab adalah Firman Tuhan, karena di dalamnya kita membaca apa yang Tuhan kehendaki untuk kita yakini dan kita lakukan. Alkitab memang tidak turun dari langit melainkan ditulis oleh manusia  dari ilham Roh Kudus.




Banyak orang yang menganggap bahwa Alkitab hanyalah catatan sejarah dan tidak cocok untuk kehidupan modern saat ini sehingga tidak perlu dibaca. Bahkan ada pula yang meragukan akan kebenaran Alkitab dan menganggapnya sebagai dongeng belaka. Itu sebabnya sekalipun mereka adalah orang-orang yang sudah percaya kepada Tuhan Yesus, namun mereka tidak menganggap Alkitab itu penting untuk dibaca.

Sesungguhnya kebenaran Alkitab telah terbukti : 
  • Ratusan nubuat di dalam Alkitab telah digenapi.
  • Ketepatan sejarah yang tidak dapat disanggah dan telah diteguhkan oleh banyak penemuan arkeologi.
  • Ketepatan Ilmiah dalam banyaknya prinsip-prinsip ilmu pengetahuan modern yang dicatat sebagai fakta-fakta dalam Alkitab jauh sebelum para ilmuwan meneguhkannya secara eksperimen. Contohnya : Bulatan Bumi (Yesaya 40:22), Pentingnya darah dalam proses kehidupan (Imamat 17:11), Sirkulasi atmosfer (Pengkhotbah 1:6), dll. 
  • Sekalipun terdiri dari 66 kitab dan ditulis oleh 40 penulis atau lebih dalam rentang waktu 2000 tahun, namun Alkitab tetap merupakan satu Kitab yang tersusun rapi dan memiliki keterkaitan yang tidak dapat dijelaskan sebagai sesuatu yang bersifat kebetulan belaka atau yang dengan sengaja disusun demikian. 
  • Efek dari Alkitab dalam hal pengaruh yang diberikannya kepada orang-orang dari berbagai latar belakang yang berbeda menjadi BUKTI terakhir bahwa Alkitab itu BENAR adalah melalui kesaksian mereka yang sudah mempercayainya. Begitu banyak  orang sejak jaman dahulu hingga sekarang, yang berdasarkan pengalaman pribadinya telah menemukan bahwa janji-janji yang ada di dalam Kitab itu BENAR. Mereka telah mengalaminya dalam kehidupan nyata yang juga sekaligus menjadi bukti bahwa Alkitab bukan sekedar LOGOS tetapi juga RHEMA (Firman Tuhan yang hidup) yang sanggup mengubahkan kita.


Alkitab terbagi atas dua bagian besar, yakni Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru. Perjanjian Lama berisi kitab-kitab yang memuat karya dan janji Tuhan kepada dunia melalui umat Israel. Karya dan janji tersebut kemudian diperbarui dan digenapi melalui Yesus Kristus. Itulah yang tertulis di dalam kitab-kitab dan surat-surat dalam perjanjian Baru.

Alkitab menceritakan siapa itu Tuhan dan bagaimana Dia menciptakan, memelihara dan menyelamatkan dunia melalui Yesus Kristus. Di dalam Alkitab, kita juga dapat membaca kesaksian tentang Tuhan Yesus yang menyembuhkan orang sakit, membangkitkan orang mati, melakukan mujizat-mujizat. Yesus juga mengajar, memberi teladan untuk berdoa, mengasihi, mengampuni, dll. Alkitab juga menceritakan bagaimana Roh Kudus bekerja menuntun dan menguatkan orang-orang yang percaya kepada Tuhan untuk tetap hidup taat dan setia kepada kehendak Tuhan. 

Alkitab juga berisi banyak nubuatan-nubuatan yang sebagian besar telah tergenapi. Ada nubuatan-nubuatan pada perjanjian lama yang kemudian digenapi dalam perjanjian baru. Salah satunya adalah tentang kelahiran Tuhan Yesus. Selain itu, Alkitab juga berisi perintah-perintah Tuhan, nasehat, pengajaran, pedoman, teguran, larangan, penghiburan, pengharapan dan janji-janji Tuhan. 

Di dalam Alkitab, juga dituliskan banyak peristiwa-peristiwa di masa lampau dan tokoh-tokoh dengan karakter mereka masing-masing. Secara jujur Alkitab memaparkan bagaimana kehidupan pada tokoh tanpa menutupi kekurangannya. Semuanya itu bertujuan agar kita dapat membedakan manakah yang patut kita teladani (yaitu yang baik dan benar) dan manakah yang tidak berkenan kepada Tuhan.


Jika kita mengaku bahwa kita mengenal Tuhan, tetapi kita tidak tahu apa yang Dia sukai, apa yang Dia tidak sukai, apa yang Dia ingin kita lakukan, dan apa yang Dia tidak ingin kita lakukan dan bagaimana cara-cara yang sesuai dengan kehendak Tuhan dalam menjalani kehidupan kita, maka hal itu berarti kita sama sekali tidak mengenal Tuhan. Untuk itu kita perlu membaca dan mempelajari Alkitab agar kita dapat mengetahui dengan pasti akan kehendakNya dan bukan hanya berdasarkan rekaan kita belaka atau hanya berdasarkan perkataan pemimpin agama yang adakalanya tidak bersumber dari kebenaran Firman Tuhan atau tidak alkitabiah. Di samping itu, jika kita tahu akan kebenaran-kebenaran FirmanNya, kita tidak akan mudah untuk disesatkan oleh nabi-nabi palsu dan ajaran-ajaran sesat yang kian marak di akhir zaman ini.

Maukah Saudara mulai membaca Alkitab setiap hari ? Jika ya, mulailah dari sekarang !!!
Berdoalah sebelum Saudara membaca Alkitab. Mintalah tuntunan Roh Kudus agar dapat memahami apa yang Saudara baca. Dan lakukanlah kebenaran FirmanNya dalam kehidupan Saudara. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar